Social Media

How To Make a Vlog!

Clumsy-Crafter-Vlog
Seiring dengan perkembangan zaman, media komunikasi kini tidak lagi hanya seputar tulisan atau text yang dirangkum pada sebuah kertas. Namun juga kini media informasi telah dikemas dalam bentuk yang berbeda seperti video ataupun suara.

Satu hal yang menarik yang terjadi di Indonesia yaitu dengan boomingnya Vlog atau video log, video dokumentasi yang awalnya diunggah oleh para jurnalistik ini awalnya berfungsi sebagai media opini, informasi dan juga pendapat mereka tentang apa yang terjadi di Indonesia, namun siapa sangka jika akhirnya vlog semakin booming di tanah Air, terutama para remaja.

Tak hanya diunggah oleh para jurnalistik saja, namun kini banyak deretan artis Indonesia yang ikut serta mempopulerkan vlog dengan video dokumentasi yang mereka unggah ke situs Youtube, sebut saja Raditya Dika, Arie Keriting, Agnes Monica dan sederet artis papan atas lainnya.

Tapi tahukah kamu ternyata membuat vlog gak gampang loh guys, ada beberapa teknik yang perlu kamu kuasai sebelum membuat Vlog, nah jika kamu tertarik, berikut cara membuat Vlog kreasi
sendiri Di Youtube:

  • Perencanaan Channel Youtube

Yang harus kamu lakukan jika baru pertama kali akan membuat suatu vlog itu bukan hanya mengambil kamera dan kemudian memulai merekam kegiatan kamu, jika begitu nantinya kamu akan menghasilkan vlog yang kurang berkesan dan terlihat acak-acakan. Jadi bagaimana seharusnya, perencanaan disini yang harus kamu lakukan pertama kali adalah tuangkan ide vlogging kamu di kertas atau laptop, misalkan, kamu akan membuat vlog tentang kegiatan kamu di sekolah, maka kamu rangkai dahulu, apa kegiatan kamu, bagaimana perjalanan di kegiatan tersebut, bagaimana inti dari kegiatan itu, dan jangan lupa tentang penutup video vlog kamu. Jadi semuanya terkonsep dan nantinya tidak akan acak-acakan. Tentukan bahasan vlogging, buat nama channel vlog yang menarik.

  • Proses Pembuatan Vlog

Kamera dengan Kualitas Baik

Pertama kita bahas tentang kamera, sangat rekomended kamu menggunakan kamera yang berkualitas HD, mengapa demikian?

Karena youtube sendiri sudah bisa menampilkan resolusi HD malah bisa sampai 4K, jadi kamera dengan kualitas HD bisa dibilang sebagai syarat minimum. Dengan menyajikan video HD maka penonton yang jaringannya lambat bisa dengan mudah menonton dengan kualitas rendah, sebaliknya jika penonton kamu dengan jaringan super cepat, maka mereka akan memilih untuk memutar dengan kualitas HD.

Jika kamu berpikir untuk mendapatkan video HD itu harus dengan kamera mahal, maka itu salah besar, jaman sekarang sudah banyak kamera saku yang harga kisaran 1 – 3 juta yang sudah bisa merekam dengan kualitas HD. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan itu, malahan untuk HP saja sekarang sudah banyak yang bisa merekam kualitas HD.

Buat Vlog dengan Kamera Hp

Untuk membuat vlog menggunakan kamera HP, kamu harus pastikan setting resolusi kamera di maksimal 1080p, ya lebih bagus jika bisa rekam sampai 4k, setidaknya untuk ukuran HD saja itu sudah cukup.

Perhatikan pencahayaan serta kestabilan HP, jangan sampai rekaman kamu gelap dan goyang-goyang, walaupun video goyang bisa diatasi dengan software atau otomatis lewat fitur youtube, namun sangat disarankan untuk menjaga kestabilan hp daripada harus memperbaikinya lewat software, butuh waktu yang sangat lama bagi software untuk memperbaiki video shake, masih mening kalau beberapa detik saja, jika vlog kamu selamat lebih dari 10menit shake, ya akan sangat lama sekali prosesnya.

Perhatikan Audio

Audio penting sekali hampir sama dengan kualitas HD dalam video, jika penonton tidak dapat mendengar apa yang kamu bicarakan dalam vlog maka sudah dipastikan penonton kamu akan merasa bosan dan jenuh menonton video vlog kamu.

Mungkin kamu pernah melihat para youtuber indonesia ketika membuat vlog diluar ruangan atau ditempat ramai, pasti mereka membawa sebuah hp ditangannya atau menggunakan headset, itu adalah alat perekam yang mereka gunakan agar audio ketika diluar ruangan bisa terdengar jelas.

Untuk cara yang terbaiknya adalah kamu bisa membeli audio record eksternal. Agar kualitas audionya benar-benar bersih dan jelas. tapi dengan menggunakan hp saja sudah cukup, yang penting suara kamu terdengar jelas dan tidak terlalu berisik oleh suara-suara lainnya.

Pencahayaan yang Bagus

Cahaya juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai nantinya video vlog kamu gelap gulita!

Mengapa begitu detail sih, kan ini cuma vlog? Ingat, kita akan membuat vlog yang berkualitas agar penonton bisa nonton secara nyaman dan tidak merasa bosan.

Jika kamu memang berada ditempat yang gelap dan kebetulan kamera kamu tidak mampu memberikan cahaya lebih, kamu bisa coba untuk menyalakan semua lampu ruangan tersebut, atau alternatif lain kamu bisa membuat lighting sederhana.

Bagaimana jika kita sedang traveling dan kebetulan ditempat gelap yang tidak memungkinkan mendapatkan penerangan yang cukup? Kamu bisa mengatasinya dengan tidak membuat vlog. Cari dulu aja penerangan yang cukup, baru mulai vlog lagi.

  • Lakukan Proses Editting Vlog Sebelum di Unggah

Setelah semua rekaman vlog sudah dibuat maka langkah selanjutnya ialah dengan melakukan proses editing vlog yang akan anda unggah. Proses editing video ini bertujuan agar video yang kamu upload memiliki grafis dan audio yang bagus, dalam kasus ini kamu pasti membutuhkan beberapa peralatan untuk proses editing seperti Laptop dan juga Aplikasi untuk editing video.

Kebanyakan para youtuber menggunakan software seperti Adobe Premiere, Sony Vegas, Final Cut Pro.

Dari 3 software tersebut kamu tidak usah bingung mau pilih yang mana, kegunaannya hampir sama kok, hanya yang membedakan penempatan tool-tool editingnya saja. Kamu tentukan saja mana yang akan kamu pakai, untuk tutorialnya sekarang ini jaman teknologi, jadi kamu tidak perlu pusing dan bingung, kamu tinggal cari aja di youtube banyak tutorial editing yang bisa kamu pelajari.

Selanjutnya kamu bisa menonton video vlog orang lain kemudian kamu coba edit video vlog kamu. Dengan begitu kamu akan mendapat gambaran apa saja yang harus kamu edit, misal dalam penambahan text, transisi, crop video, pencahayaan, grading dan masih banyak lagi.

Sekarang bagian audio, alangkah baiknya jika kamu selalu menyertakan backsound, agar para penonton tidak terlalu garing hanya mendengarkan ocehan saja. Hehe

Dan perlu kamu perhatikan juga, untuk audio usahakan kamu gunakan audio free copyright atau audio yang tidak berhak cipta, jadi kamu bebas menggunakan audio tersebut tanpa harus kena peringatan konten pihak ketiga. Dan youtube sendiri telah memberikan layanan audio gratis yang bisa kamu gunakan di video.

Selalu bereksperimen dan coba style editing baru agar kamu nantinya semakin terbiasa dalam menggunakan software editing yang kamu gunakan. Sehingga jika kamu sudah terbiasa maka kamu bisa menghemat waktu.

  • Upload Vlog kalian ke Channel Youtube

Langkah terakhir dalam membuat vlog kreasi sendiri di youtube ialah dengan memulai proses upload video ke situs youtube. Namun pastikan jika semua sudah selesai dibuat, nah untuk fasilitas upload video kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti Laptop dan juga koneksi internet.

Namun anda perlu hati-hati, pasalnya proses unggah vlog ke youtube bisa memakan kuota yang besar jika kamu ingin lebih berhemat kouta maka kamu bisa menggunggah vlog kamu lewat
warnet.

 

Jangan Lupa Tips vlogging Dibawah Ini :

Selalu melihat lensa kamera ketika berbicara, lihatlah seolah-olah lensa kamera itu adalah mata penonton.

Buatlah rekaman tambahan, jaga-jaga jika nantinya pas proses editing kamu lupa memasukan video tertentu, jadi buatlah video sebanyak mungkin agar nantinya kamu bisa memilih video mana yang akan kamu masukan.

Berlatih berbicara, selalu berlatihlah, agar apa yang kamu sampaikan bisa dengan mudah dimengerti oleh para penonton.

Tunjukan Semangat, karena kamu akan ditonton oleh ribuan orang dan mungkin sampai jutaan orang, selalu tampil ceria dan bersemangatlah ketika berada didepan kamera. Karena itu akan memberikan dampak positif bagi penonton.

Buat Jadwal, konsisten dan fokus adalah kunci keberhasilan dari video vlog, makanya kamu harus buat jadwal kapan kamu membuat video vlog dan kapan kamu mempublish video baru di channel kamu, beritau semua penonton kamu tentang kapan kamu akan upload video baru.

Sajikan Konten Terbaik kamu, Buatlah konten yang kamu yakini bisa menghibur atau bisa bermanfaat bagi penonton kamu. Jangan buat penonton bosan dengan video vlog kamu.

Mari kita tarik kesimpulan dari artikel cara membuat vlog ini, bagian sulit dan memerlukan kesabaran diantaranya adalah proses editing, dan juga proses promosi untuk mendapatkan banyak penonton.  Sabar dan terus lakukan!

Banyak waktu yang benar-benar kamu butuhkan untuk membangun sebuah channel vlog sampai banyak subscriber atau penonton. Perlu kerja keras dalam membuat video yang berkualitas.

Jangan terlalu cepat berharap bisa menghasilkan dari video vlogging, yang perlu kamu tanamkan adalah kamu harus bisa menjadi youtuber vlogger terkenal. Tanamkan motivasi konsisten dan fokus dalam membuat vlog, dan lakukan dengan semangat serta ceria, agar semua proses itu bisa berjalan dengan mudah.

 

Selamat mencoba 🙂

 

 

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *