Startup

Aplikasi Petani Diluncurkan Kominfo

APLIKASI UNTUK PETANI — Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama-sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan Swasta meluncurkan aplikasi petani. Aplikasi petani sendiri merupakan aplikasi berbasis teknologi selular yang dibuat oleh start up pengembang aplikasi dalam negeri.

Pemerintah berupaya membantu petani dengan memberikan dukungan modal usaha, penyuluhan dan peralatan yang memadai, serta pemanfaatan aplikasi teknologi hasil karya anak bangsa sebagai solusi bagi peningkatan ekonomi rakyat.

Aplikasi petani yang diluncurkan oleh Kementrian Kominfo terdiri atas lima aplikasi, yang merupakan bagian dari Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat yang diluncurkan Presiden Joko Widodo di Brebes, Jateng, Senin (24/04/2016).

Lima aplikasi petani yang diperkenalkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tersebut adalah aplikasi petani yang merupakan layanan informasi terkait solusi permasalahan pertanian, tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan pertanian, serta “forum online” dengan sesama petani di seluruh Indonesia.

Lima Jenis Aplikasi petani yang diluncurkan Kominfo tersebut adalah :
1. Aplikasi Petani, merupakan layanan informasi terkait solusi permasalahan pertanian, tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan pertanian, serta forum online dengan sesama petani di seluruh Indonesia.
2. Aplikasi TaniHub, berisikan layanan mengenai distribusi hasil pertanian dan perkebunan dari daerah ke kota.
3. Aplikasi LimaKilo,memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke konsumen dengan harga kompetitif.
4. Aplikasi Pantau Harga, merupakan tempat untuk tawar menawar, dan melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani. Hal ini memudahkan dalam melakukan interaksi dikarenakan ada basis data harga yang menjadi acuan.
5. Aplikasi Nurbaya Initiatives, yaitu layanan yang disediakan bagi pelaku ekonomi rakyat baik petani maupun UKM untuk dapat membuat platform penjualan hasil-hasilnya.

Menurut Menteri Kominfo, dengan hadirnya aplikasi berbasis selular untuk para petani tersebut diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani kepada konsumen.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *