Startup

Ini Syarat Startup Bisa Dapatkan Modal

STARTUP BISNIS — Demam Startup bisnis nampaknya makin meluas di Indonesia. Utamanya dalam dunia digital banyak  pengusaha baru berduyun-duyun memasuki bisnis ini. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan internet yang berkembang secara significant. Pola jual beli atau transaksi secara tradisional perlahan tergeser oleh cara-cara online.

Kisah sukses banyak pelaku startup yang diekspos turut andil pula memberi motivasi kalangan muda untuk masuk dalam startup digital. Tidak ketinggalan para investor juga banyak melirik pelaku startup bisnis ini. Tidak segan-segan mereka mengucurkan dana investasi ini untuk pengembangan startup. Umumnya ada investor startup dari perorangan (angel investor) maupun dari perusahaan pengelola modal (venture capitalist/VC).

Meski terlihat gurih dan mudah ternyata startup bisnis ini bukanlah perkara mudah. Para investor ini tidak akan serta merta menggelontorkan dananya tanpa melihat aspek-aspek keuntungannya.  Nah apa saja yang diperlukan startup agar bisa mendapatkan kucuran dana dari investor? Berikut ini beberapa masukan kepada startup bisnis agar bisa mendapatkan kucuran modal :

1. Investor  Mementingkan Kualitas

Menurut Managing Partner, Ideousorce, Andi S.Boediman mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan modal kepada startup maupun perusahaan yang sudah mapan dengan melihat kualitasnya. Baginya kulaitas dan latar belakang pendidikan yang berkualitas juga akan menjadi pertimbangan. Meski bisnis digital bisa dikatakan seksi namun bukan berarti tanpa resiko, banyak juga yang gagal di sektor ini.  Intinya butuh orang terbaik untuk bisa masuk dalam bisnis ini.

Senada dengan Andi, Achmad Zaky co founder bukalapak.com mengatakan bahwa agar startup bisa menarik investor adalah bagaimana startup itu bagus. Karena jika startup itu bagus, banyak investor berlomba-lomba menginvestasikan dananya pada bisnis ini. Bukan lagi pelaku startup yang mencari investor.

2. Investor Melihat Latar Belakang Pendiri

Danny Oei Wirianto , Chief Marketing Officer, GDP Venture menjelaskan bahwa profil pendiri startup bisnis menjadi pertimbangan bagi pemodal. Untuk memutuskan berinvestasi pada startup ini pemodal akan melakukan penilaian terhadap komitmen, dedikasi dan kualitas dari founder startup.

3. Founder yang Memiliki Wawasan Luas

Dalam berinvestasi pada sektor startup ini pemilik modal akan melihat ekosistem dan juga melihat kemampuan founder dalam mengatasi perubahan-perubahan yang cepat. Karena itu foudr harus memiliki wawasan yang luas dan fokus dalam apa yang dilakukan bukan sekedar sampingan, demikian dikatakan Wilson Cuaca Co-fouder & Managing Partnet, East Ventures.

Saat ini banyak investor yang tertarik untuk masuk dalam startup, hanya saja masih perlu banyak upaya dari para pelaku startup untuk menarik minat mereka. Karena perlu diingat bahwa mereka bersedia berinvestasi bukan untuk hal sia-sia tetapi meraih keuntungan.(#infokomputer).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *