Tekno

Mobil Listrik Android UII Mejeng di IIMS 2016

MOBIL LISTRIK ANDROID UII — Gelaran pameran otomotif tahunan paling bergengsi di Indonesia kembali digelar di tahun 2016 ini . Ajang yang diberi tajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 ini berlangsung 7-17 April 2016 di JIExpo Jakarta. Yang menarik dari ajang IIMS 2016 ini adalah kehadiran mobil listrik karya mahasiswa dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia.Salah satu mobil listrik yang ikut dalam pameran ini adalah Mobil Listrik Android Generasi ke-2 Universitas Islam Indonesia (UII).

Selain mobil listrik Android UII ini turut meramaikan pameran juga mobil listrik dari UGM Yogyakarta, Universitas Pasundan Bandung, Mobil listrik ITENAS Bandung, Mobil Listrik dari Politeknik Negeri Bandung (Polban), dan Blue Warrior dari Politeknik Negeri Jakarta.

Mobil listrik Android UII sendiri diberi nama Kaliurang Unisi Generasi 2, yang telah dirintis pembuatannya semenjak september 2013. Mobil listrik Android Kaliurang Unisi 2 ini ternyata cukup menyedot perhatian. Tidak hanya karena tampilan yang futuristik dan spesifikasi teknisnya saja , namun karena mengkombinasikan teknologi elektrik dengan perangkat android. Mobil Listrik UII ini operasionalnya diatur dan dikontrol melalui perangkat handphone berbasis android.

Mobil Listrik Android UII
Mobil Listrik Android UII Kaliurang Unisis 2

Lebih Jauh Mengenai Mobil Listrik Android UII Kaliurang Unisi 2

Mobil listrik Android UII ini merupakan karya Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UII yang konsepnya mengkombinasikan berbagai teknologi. Perangkat Android berupa tablet disematkan pada kemudi mobil listrik UII. Perangkat Android tersebut memiliki fungsi mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai serta entertain kendaraan.

Keunggulan dari penggunaan Android yang disematkan pada kemudi Mobil Kaliurang Unisi Generasi 2 ini adalah menyederhanakan panel instrumen dan kendali. Kerumitan tersebut bisa digantikan dengan satu tablet berbasis android. Selain itu panel-panel konvensional biasanya akan menambah berat kendaraan.

Untuk menunjang berbagai macam fitur yang ada dalam instrumen panel, dibuat aplikasi-aplikasi sendiri seperti speedometer, accelerometer, battery indicator, RPM meter, stopwatch, odometer, hiburan, dan fungsi lainnya hanya berada dalam 1 alat, yaitu tablet Android.

Fitur lain dari mobil listrik android ini bisa menunjang fungsi lain seperti wifi, bluetooth, sistem global untuk komunikasi mobile, internet browser, TV analog, peta, video/voice call, pemutar mp3, radio bahkan permainan-permainan.
Tak hanya sebagai pusat kendali, tablet android yang digunakan juga menjadi pusat komunikasi dan hiburan. Khusus sebagai entertain kendaraan, perangkat Android bisa dijadikan kelengkapan aksesoris mobil listrik berupa TV analog.

Mobil listrik Android UII Kaliurang Unisi 2 telah menorehkan prestasi yang menggembirakan. Dalam waktu dua minggu setelah diresmikan oleh Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc, Mobil listrik Android UII mampu menjuarai Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VII yang digelar di Politeknik Negeri Bandung pada 13-15 November 2015. Dan kini Mobil Listrik Android UII bisa ikut dalam IIMS 2016.Go Ahead….!!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *